Cara Mengolah Labu Siam Agar Lebih Bermanfaat untuk Kesehatan

Cara Mengolah Labu Siam Agar Lebih Bermanfaat untuk Kesehatan

Manfaat Jus Labu Siam - TaniHub Insight
source gambar : tanihub.com

Labu siam masuk dalam kategori sayuran yang banyak disukai, karena rasanya yang relatif manis dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Untuk memilih sayuran ini cukup mudah, bisa dilihat dari bentuknya yang segar dan mulus.

Cara penyimpanannya juga cukup mudah, dan bisa tahan lama. Tidak hanya itu, labu siam juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat.

Nah, bagaimana perlakuan labu siam yang tepat, sehingga bisa memberikan manfaat kesehatan yang cukup besar dan tahan lama?

  • Cara Memilih Labu Siam

Labu siam dengan kualitas yang baik memiliki tekstur yang mulus, warnanya masih hijau, dan dengan kadar air yang tinggi, sehingga terlihat segar.

Berbeda jika Anda memilih kulit yang sudah keriput dengan noda bintik-bintik. Tekstur yang sudah keriput tersebut menandakan jika buah ini sudah lama, dan kemungkinan besar akan busuk dengan lebih cepat.

  • Cara Menyimpan Labu Siam

Untuk menyimpan sayuran ini cukup mudah. Caranya adalah dengan menjaga kadar airnya agar tetap tinggi.

Untuk menghindari adanya kehilangan air tersebut, Anda tidak perlu mencucinya terlebih dahulu sebelum menyimpan. Akan lebih baik jika membersihkannya dengan mengelapnya menggunakan kertas, kain, atau tisu.

Cara menyimpannya juga mudah, yaitu dengan membungkusnya dengan kertas, dan menempatkannya di kulkas bagian bawah. Dengan cara ini kelembaban labu siam akan terjaga, dan bisa bertahan hingga 10 hari.

  • Cara Mengkonsumsi Labu Siam

Cara mengkonsumsi sayuran ini cukup mudah. Berbagai aneka olahan makanan bisa menggunakan sayuran ini.

Mulai dari sayur bening, suo, lalapan, tumis, bahkan hingga dijadikan jajanan seperti lumpia atau bakwan.

  • Cara Membersihkan Labu Siam

Untuk membersihkan labu siam ini cukup mudah, tergantung dari tujuan dibersihkannya labu siam tersebut.

Jika ingin disimpan, sebaiknya tidak dicuci. Cukup dibersihkan dengan menggunakan kain, kertas, atau tisu saja.

Pembersihan ini akan mengurangi risiko labu siam cepat membusuk atau berjamur.

Sedangkan, jika ingin mengolahnya menjadi makanan, labu siam harus dibersihkan dengan menggunakan air yang bersih dan mengalir. Jangan sampai ada getah yang tersisa ketika membersihkannya, karena bisa membuat kulit iritasi.

  • Cara Menghindari Efek Negatif Labu Siam

Meski punya manfaat yang besar untuk kesehatan, labu siam ini juga punya efek negatif ketika tidak berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Terdapat getah dalam labu siam yang keluar ketika dipotong.

Getah ini mengandung senyawa yang bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Labu siam juga mengandung gula yang cukup tinggi. Karena itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

  • Kandungan Nutrisi Labu Siam

Terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat baik dalam labu siam. Mulai dari kalori, serat, gula, protein, vitamin A, C, kalsium, dan zat besi.

  • Berbagai Macam Manfaat Labu Siam

Dari berbagai macam kandungan nutrisi yang dimiliki, labu siam ini memiliki efek kesehatan yang positif. Yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan, kulit, jantung, kanker, ginjal, hingga kehamilan.

Untuk mendapatkan labu siam dengan kualitas terbaik kunjungi Tanihub.com sekarang juga. Disini disediakan berbagai produk pertanian lokal yang masih segar dan bisa didapatkan dengan cepat.

Hari ini pesan, keesokan harinya akan langsung hadir di meja dapur. Tanihub.com menjadi mitra terbaik para petani lokal yang punya komitmen kuat dalam memajukan pertanian nasional.

Itulah cara perlakukan labu siam agar Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dari sayuran yang banyak disukai ini. Jadi, dapatkan produk pertanian terbaik di Tanihub.com sekarang juga.

Leave a Reply