Mengenal 5 Jenis Peralatan Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Mengenal 5 Jenis Peralatan Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Termometer Infrared

 

Seperti yang kita tahu, penyakit-penyakit degeneratif seperti diabetes maupun hipertensi akan membuat penderitanya mau tidak mau memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Hal ini penting untuk memastikan kondisi kesehatannya tetap terkontrol. Apalagi, pemeriksaan rutin juga akan membantu seseorang mengevaluasi efektivitas obat-obatan yang ia gunakan.

Akan tetapi, sayangnya saat ini mobilitas kita masih terbatas karena pandemi Covid-19. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk sebisa mungkin tetap berada di rumah. Namun, hal tersebut bukanlah berarti kita harus mengabaikan kesehatan kita. Justru, kita tetap bisa siap siaga dengan 5 jenis peralatan kesehatan yang bisa kita dapatkan disini!

1. Termometer

Sudah tentu, termometer menjadi salah satu alat kesehatan yang wajib untuk kita miliki di rumah. Alat kesehatan yang satu ini berfungsi untuk mengukur suhu tubuh kita, misalnya saja saat kita mengalami demam maupun ada anggota keluarga yang juga mengalami hal yang sama.

Pasalnya, demam bisa juga disebabkan oleh berbagai hal. Namun, saat kita mengalaminya, pastikan untuk selalu melihat berapa suhu tubuh kita secara teratur menggunakan termometer di rumah kita.

2. Tensimeter

Apakah kamu ataupun anggota keluarga kamu ada yang menderita hipertensi atau memiliki resiko besar untuk mengalami hal ini? Jika jawabannya ya, maka tensimeter perlu menjadi salah satu alat yang harus Kamu siapkan di rumah.

Alat yang satu ini akan membantu kita untuk mengukur seberapa besar tekanan darah yang kita miliki. Tidak heran, seseorang yang memiliki tensimeter akan terbantu untuk memantau secara teratur tekanan darahnya.

3. Antiseptic

Antiseptic merupakan keperluan kesehatan yang harus kita miliki di rumah. Antiseptic sendiri sebenarnya merupakan senyawa kimia yang berperan penting untuk menghambat serta memperlambat pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu, Antiseptic juga berperan penting untuk membunuh seluruh kuman.

Tentu saja, antiseptic akan kita butuhkan untuk membersihkan luka. Namun, untuk memilih antiseptic, kita tidak boleh sembarangan karena jika salah memilih, maka kita bisa membuat kulit kita mengalami iritasi.

4. Alat Tes Gula Darah

Sama seperti penderita hipertensi, penderita diabetes pun perlu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuhnya secara teratur. Soalnya, apabila diabaikan, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi yang pada akhirnya akan membahayakan.

Dengan adanya alat tes gula darah, penderita diabetes dapat memantau kadar gula darah secara teratur. Alatnya sendiri berbentuk slot yang nantinya akan ditempatkan strip sekali pakai. Terdapat juga layar yang menampilkan pengukuran glukosa alias glikemia.

5. Inhaler dan Nebulizer

Dua jenis alat kesehatan ini merupakan jenis alat kesehatan yang akan menunjang sistem pernapasan pasien. Apabila kita ataupun anggota keluarga kita mengalami asma, maka kita maupun anggota keluarga bisa menggunakan inhaler dan nebulizer.

Untuk menggunakan alat ini, pasien harus menghisap sehingga alatnya dapat mengantarkan obat langsung ke bagian paru-paru. Melalui hal ini, gejala pada penyakit asma bisa diredakan. Maka dari itu, untuk mempermudah apabila terjadi keadaan genting, pastikan untuk meletakkan inhaler dan nebulizer di tempat yang mudah digunakan.

Nah, itulah tadi jenis-jenis alat kesehatan yang bisa kita sediakan di rumah kita masing-masing. Tentu saja, tidak ada yang berharap untuk sakit, akan tetapi sebaiknya kita tetap melakukan antisipasi agar siap.

Selain itu, menyediakan alat-alat kesehatan juga, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu nya dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang sehat untuk tubuh seperti berbagai produk entrasol.

Leave a Reply